Pencarian

Tips-Tips Keamanan Jika Menggunakan Public Wifi

Diterbitkan tanggal 18 Juni 2014 dalam kategori Tips & Trik, dengan label , ,
wifi-public

Wi-Fi adalah kependekan dari Wireless Fidelity yang digunakan untuk jaringan nirkabel (Wireless Local area Network-WLAN) dan didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. Pada awalnya Wi-Fi digunakan untuk mengakses internet. Hal ini memungkinkan orang lain dengan PC yang dilengkapi dengan kartu nirkabel (wireless card) atau personal digital assistant (PDA) gunanya agar terhubung dengan internet menggunakan titik akses (biasanya dikenal dengan hotspot) yang paling dekat.

Saat ini sudah kita ketahui, bahwa banyak public place seperti cafe, bandara, mall, sekolah dan kampus sudah tersedia layanan public wi-fi. Namun masih banyak sekali dari kita yang tidak mengetahui bagaimana cara keamanan terbaik ketika kita sedang terhubung pada public wi-fi. Malahan mayoritas dari pengguna public wi-fi menganggap bahwa tidak perlu ada yang dikhawatirkan dalam menggunakan public wi-fi. Karena menurut mereka yang terpenting adalah dapat terhubung dengan internet secara mudah dan gratis.

Nah, saat inilah waktu yang sangat tepat untuk mengubah jaringan anda menjadi jaringan public (jika masih dalam home network atau work network). Tindakan ini dapat mencegah data anda muncul pada PC lain yang tidak menutup kemungkinan PC lain tersebut sedang mencari hard disk yang sedang terbuka.

Berikut ini beberapa tips yang dapat membantu anda dalam mengamankan PC ketika sedang tersambung dengan public wi-fi:

1. Mengatur jaringan menjadi publik

Untuk dapat mengatur jaringan menjadi publik, maka klik ikon jaringan siystem tray. Lalu klik Open Network and Sharing Center. Maka akan muncul sebuah kotak dialog, anda harus memeriksa di bawah jaringan untuk memastikan apakah jaringan sudah publik atau belum. Untuk mengetahui tandanya, ikon untuk publik adalah gambar bangku taman sedangkan untuk home publik adalah ikon rumah. Jika ketika kita cek masih home atau work, segera pilih jaringan publik pada kotak dialog tadi.

2. Menghubungkan untuk secure jaringan jika tersedia

Anda harus memeriksa jaringan aman dalam daftar wi-fi hotspot yang tersedia. Apabila anda sedang berada di sebuah hotel, mungkin manajemen meminta untuk memberikan pasword untuk bisa terhubung ke jaringan wi-fi.
Untuk mengetahui mana jaringan wi=fi yang aman, lakukan klik pad ikon jaringan di system tray, lalu arahkan kursor mouse ke masing-masing sambungan. Ingatlah bahwa WPA2 lebih baik daripada WPA, WPA sendiri lebih baik daripada WEP. Apabila tidak ada jaringan yang aman, jangan sekali-kali mencoba jaringan yang tersedia untuk melakukan browsing karena hal ini mengancam keamanan data anda dalam hard disk.

3. Gunakan HTTPS atau SSL ketika browsing

HTTPS atau SSL memungkinkan data yang akan ditransfer melalui web lebih aman. Hal tersebut karena HTTPS dan SSL menyediakan komunikasi yang terenkripsi. Banyak situs-situs yang menggunakan HTTPS dan SSL untuk membuat koneksi lebih aman. Misalnya https di depan URL website i-banking atau toko online. Saat ini ada banyak sekali plug-in yang disediakan oleh browser-browser untuk mengakses halaman dalam secure connection yang telah dienkripsi oleh plug-in tersebut. Sebagai contoh penggunaannya, anda dapat mengakses Gmail melalui https://www.gmail.com.

4. Gunakan browser yang menyediakan fasilitas enkripsi data

Browser yang terdapat fasilitas enkripsi dapat mengurangi resiko terjadinya pencurian data dengan cara menyediakan koneksi terenkripsi antara PC dengan server, sehingga data tidak dapat dibaca dengan mudah oleh penjahat cyber.

Demikian beberapa tips sederhana untuk menjaga keamanan dalam menggunakan public wi-fi. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Share this!

Tinggalkan Balasan