Pencarian

Sejarah dan Perkembangan Internet

Diterbitkan tanggal 11 April 2014 dalam kategori Informasi Terbaru, dengan label , ,
Sejarah Internet

Internet merupakan jaringan global yang selalu berkembang dari waktu ke waktu. Sejarah tentang internet dimulai pada tahun 1962 bulan Agustus. J.C.R Licklider dari MIT Massachuttts Institute of Technology merupakan orang yang pertama kali mengungkapkan tentang internet. Dia menciptakan sebuah kerangka dasar yang dikenal dengan “Galactic Network”, yaitu mengenai kemampuan jaringan global dapat memfasilitasi seseorang dalam mengakses data serta program dimana saja. Pada tahun yang sama, dia juga menjabat sebagai kepala program penelitian komputer di ARPA ( bagian dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat).

Sebenarnya, awal dibuatnya internet adalah untuk keperluan militer. Departemen Pertahanan Amerika Seriakt (US Department of Defense) menciptakan suatu sistem jaringan komputer yang dapat menghubungkan komputer di daerah-daerah penting untuk mengatasi timbulnya masalah jika terjadi serangan nuklir maupun menghindari informasi yang terpusat.

Lalu pada tahun 1966, Larry Roberts mengembangkan suatu pemikiran dasar tentang jaringan komputer. Bersama dengan Robert Taylor, Larry Robert memulai sebuah proyek jaringan yang dikenal dengan nama ARPANET. ARPANET dipublikasikan pada tahun 1967 dan memiliki 4 simpul jaringan yaitu University of California, Los Angeles; Stanford Research Institute (SRI); University of Utah dan University of California, Santa Barbara.

Sejarah InternetSelain jaringan ARPANET , ada jaringan lain yang cukup populer dan berkembang yaitu UUCP. Namun ada masalah dalam pengembanagn teknik ini, karena pada saat itu belum ada cara agar berbagai jenis peralatan jaringan seperti telepon, radio, kabel LAN yang sangat berbeda secara penampilan fisik bisa berhubungan satu sama lain. Inilah yang mendorong terciptanya tatacara komunikasi (protokol komunikasi) yang dapat menghubungkan banyak jaringan kecil dengan jaringan besar secara mudah.

Protokol internet memungkinkan terbentuknya jaringan komputer dari berbagai saluran fisik yang berbeda. Jadi secara lebih jelasnya, komputer dapat tersambung menggunakan telepon bisa berkomunikasi dengan komputer yang terhubung dengan jaringan LAN maupun radio. Ini merupakan pendorong terjadinya inter-network (antar jaringan) secara mendunia dan kini sering disebut dengan “Internet”.

Tidak cukup dengan protokol, hal lain yang amat penting dalam perkembangan internet adalah metode pengalamatan di Internet. Seorang ilmuwan bernama Jon Postel dari Information Science Institute (ISI) di University of Southern California (USC) merupakan orang yang berjasa dalam pengalokasian alamat IP, tipe media, DNS (Domain Name System) serta berbagai alokasi alamat nomor untuk tata cara komunikasi Internet. Pada 1998, John Postel mengelola Internet Assigned Numbers Authority (IANA). Saat ini IANA dioperasikan oleh Corporation for Assigned Names and Numbers.

Saat ini internet dijaga oleh perjanjian multilateral dan spesifikasi teknikal( protokol yang menjelaskan perpindahan data antara rangkaian). Protokol dibuat berdasarkan perbincangan Internet Engineering Task Force (IETF), badan inilah yang mengeluarkan dokumen yang disebut RFC (Request for Comments). Sebagian daro RFC dijadikan sebagai Standar internet oleh Badan Arsitektur Internet. Untuk contoh protokol yang sering digunakan antara lain adalah IP, TCP, DNS, HTTP, HTTPS, FTP, SSL.

Share this!

Tinggalkan Balasan