Pencarian

Apakah perbedaan antara GSM dan CDMA?

Diterbitkan tanggal 8 April 2014 dalam kategori Informasi Terbaru, dengan label ,
perbedaan-gsm-dan-cdma

Dijaman yang serba mesin ini hampir semua kalangan mulai dari anak-anak, remaja, dewasa dan lansia memakai handphone sebagai alat komunikasi satu sama lain, suatu kenyataan yang sangat mencengangkan atas perkembangan telekomunikasi di Indonesia 10tahun terakhir ini. Maka dari itu, perkembangan produk handphone juga sedang mengalami pertumbuhan yang luar biasa pesatnya. Perusahaan-perusahaan besar mulai berlomba-lomba menjadi penguasa jaringan telekomunikasi, ada yang berlomba-lomba menghadirkan teknologi 4g LTE dijaringan GSM, ada juga yang masih bertahan di EVDO Rev.B pada jaringan CDMA. Terlepas dari hal tersebut saya ada sedikit pertanyaan untuk kalian, tahukah anda perbedaan antara GSM dan CDMA?

Pada dasarnya antara GSM dan CDMA memiliki banyak persamaan, namun keduanya tidak bisa disebut sama karena jika di telisik lebih dalam antara GSM dan CDMA benar-benar sangat berbeda.

Perbedaan yang sangat mencolok saat ini adalah dimana GSM dapat bekerja dimanapun kapanpun diseluruh nusantara (selama dapat sinyal ya) tanpa perlu aktivasi atau registrasi khusus saat berpindah dari tempat satu ketempat  lainnya, sedangkan jika anda menggunakan CDMA maka anda akan diminta untuk melakukan COMBO atau registrasi ulang pada jaringan dikota baru tujuan anda, jika tidak maka kartu anda tidak dapat digunakan untuk melakukan panggilan / sms tetapi masih dapat menerima sms / telpon. Meskipun begitu, dewasa ini juga sudah ada operator CDMA yang tidak lagi menggunakan sistem COMBO saat berpindah tempat, mungkin karena mulai menipisnya peminat CDMA gara-gara ribetnya sistem COMBO itu sendiri.

perbedaan-gsm-dan-cdmaPerbedaan lainnya adalah tentang cakupan sinyal yang disebarkan oleh BTS operator seluler itu sendiri, untuk saat ini baru GSM yang jaringannya nyaris ada diseluruh pelosok negeri, meskipun kualitasnya sangat dipertanyakan untuk daerah-daerah terpencil diluar jawa. Meskipun begitu, cakupan sinyal CDMA di daerah pelosok biasanya lebih baik daripada GSM, kenapa begitu? karena saat ini operator  CDMA menggunakan frekuensi rendah 800MHz sehingga sinyal dapat dipancarkan lebih jauh daripada menggunakan frekuensi tinggi untuk kebutuhan sms dan telpon.

GSM menggunakan sistem Timeslot / pengiriman paket data berdasarkan waktu, sebuah upgrade dari sistem TDMA yang merupakan standar sistem telekomunikasi di benua Eropa serta Jepang. Sedangkan CDMA sangat berbeda, jika GSM menggunakan satuan waktu maka CDMA menggunakan sistem kode, seperti namanya CodeDivision Multiple Access atau CDMA berjalan berdasarkan kode-kode yang unik untuk melakukan setiap panggilan, hal inilah yang memungkinkan panggilan CDMA dinilai lebih aman / secure daripada GSM.

Share this!

Tinggalkan Balasan