Pencarian

GSM dan CDMA pilih mana?

Diterbitkan tanggal 14 April 2014 dalam kategori Informasi Terbaru, dengan label ,
gsm-atau-cdma

Saat ini ada 2 macam teknologi komunikasi yang berkembang yaitu GSM ( singkatan dari Global System for Mobile Communications dan CDMA (code division multiple acces). Modem maupun ponsel yang menggunakan teknologi komunikasi ini memiliki banyak perbedaan. Jika bingung untuk memilih mana teknologi yang menurut anda lebih baik, maka harus mengetahui perbedaan antara keduanya.

Dalam pembahasan ini, akan lebih difokuskan pada penggunaan posel. Secara fisik antara ponsel GSM dengan CDMA hampir sama, yang membedakan adalah kartu yang digunakan ataupun operator seluler yang mengoperasikannya. Ponsel GSM penggunaanya memakai kartu yang sering disebut dengan SIM (Subscriber Identity Module). Sedangkan untuk ponsel CDMA menggunakan 2 macam, yaitu ponsel tanpa kartu dan ponsel yang dilengkapi dengan kartu / RUIM (Removal User Identification Module). Ponsel CDMA yang tanpa menggunakan kartu, nomor panggilannya harus diprogram dahulu oleh operator yang digunakannya.

  • All About GSM

Teknologi yang digunakan GSM adalah dari gelombang mikro dan pengiriman sinyal yang dibagi berdasarkan waktu, sering disebut timeslot. GSM dijadikan sebagai standar Internasional komunikasi seluler sekaligus sebagai teknologi seluler yang terpopuler di dunia.

gsm-atau-cdmaGSM dirancang untuk digunakan pada frekuensi 900 Mhz. Pada rentang ini, uplinks-nya menggunakan frekuensi antara 890-915 MHz, dan downlinks-nya menggunakan frekuensi 935 – 960 MHz. Untuk bandwidth yang digunakan adalah 25 MHz.

Keunggulan GSM :

–       Kapasitas lebih besar, hal ini dikarenakan teknologi digital, dimana pengguna kanal tidak hanaya digunakan oleh satu pengguna saja, namun ketika kanal tidak mengirimkan informasi, kanal bisa digunakan oleh pengguna lainnya.

–       Karena sebagai standar Internasional, memungkinkan internasional roaming.

–       Keamanan sistem yang lebih baik.

–       Kualitas suara yang dihasilkan lebih jernih dan jelas.

  • All About CDMA

CDMA menggunakan kode-kode tertentu yang unik untuk mengatur semua panggilan yang berlangsung. Selain itu, CDMA mengacu pada sistem telepon seluler digital yang menggunakan skema akses secara bersamaan.

Keunggulan CDMA :

–       Hanya membutuhkan satu frekuensi untuk beberapa sektor.

–       Dapat bergabung dengan metode akses lainnya

–       Tidak membutuhkan equalizer dalam mengatasi spektrum sinyal

–       Tidak perlu penghitung waktu (guard time) untuk melihat rentang waktu.

Begitulah beberapa penjelasan singkat tentang GSM dan CDMA, tentukan dengan benar mana pilihan anda yang paling tepat dan membawa manfaat yang banyak bagi kehidupan anda.

Share this!

Tinggalkan Balasan