Pencarian

Bagaimana Website Bisa Diakses?

Diterbitkan tanggal 2 Juni 2014 dalam kategori Informasi Terbaru, dengan label , ,
web design

Sebelum membahas mengenai cara kerja dari website, Perlu diketahui bahwa website merupakan sekumpulan file dan folder yang berisi script-script yang tersimpan di dalam server hosting online dengan alamat khusus yang berbeda dengan website lainnya. Terdapat 2 komponen penting pada web yaitu: software web browser dan software web server. Keduanya bekerja menyerupai sebuah sistem client server. Di sini web browser bertindak sebagai client dan dapat melihat informasi pada web, sedangkan web server adalah yang bertindak sebagai server yang bertugas dalam menerima informasi yang diminta oleh browser.

Di dalam dunia internet, melakukan surfing lebih dikenal dengan sebutan browsing. Browsing dilakukan melalui browser. Di dunia maya, banyak sekali macam-macam browser diantaranya adalah mozilla firefox, google chrome, opera mini dan internet explorer.
Bagaimana cara kerja website? Bagaimana alurnya hingga website dapat diakses? Berikut ini beberapa penjelasan mengenai cara kerja dari website.

  • Pengunjung mengetikkan alamat website yang ingin dituju (misalnya alamat website http://www.aducepat.com).
  • Melalui jaringan internet, secara otomatis berarti pengunjung melakukan request ke register.
  • Register merupakan perusahaan yang memiliki alamat website (http://www.aducepat.com) yang dituju oleh pengunjung, kemudian register meminta DNS untuk mencari alamat website tersebut.
  • DNS menemukan alamat website (http://www.aducepat.com) dan meminta hosting server untuk menampilkan file-file yang diinginkan oleh pengunjung. File-file yang diminta oleh pengunjung diberikan oleh hosting server (seperangkat komputer tempat menyimpan data dan konten seperti file, music, gambar milik sebuah website) yang kemudian diterjemahkan dan ditampilkan oleh web browser (mozilla firefox, google chrome, opera mini dan internet explorer).
  • Kemudian pada akhirnya website dapat dibuka dan diakses oleh pengunjung.

Jadi prinsip dasarnya adalah mengirim permintaan pada web server yang disebut sebagai http request, lalu menerima kiriman dari web server (http respon). HTTP sendiri adalah suatu protokol yang digunakan sebagai alat transfer dokumen dari www. Kemudian http menterjemahkan bagaimana suatu pesan dapat diformat dan kemudian dikirim dari client ditujukan ke server maupun sebaliknya.

Demikian tadi penjelasan singkat mengenai cara kerja website. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Share this!

Tinggalkan Balasan